Tips Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Mudah Dan Aman


Cara mempercepat pengisian baterai smartphone - Anda merasa sudah mencharger smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama tetapi baterainya belum penuh bahkan kenaikanya cuma sedikit, lakukan beberapa hal berikut dan coba rasakan perbedaanya. Karena anda sebenarnya bisa membuat pengisian baterai pada smartphone anda menjadi lebih cepat bahkan sampai dua kali lipat. Karena disini saya telah merangkumkan secara lengakap dan akurat bagaimana cara mempercepat pengisian baterai smartphone secara mudah dan pastinya tetap sehat untuk baterai anda. 

cara cepat mengisi baterai

Karena saya pernah mengalami dimana saya kehabisan baterai smartphone saya sudah habis dan harus diisi, tetapi saya berada diwaktu yang terbatas dan akhirnya baterai smartphone tidak terisi dengan maksimal (hanya sedikit) dan akhirnya harus mati tidak lama kemudian. setelah mengalami bebrapa kali pengalaman yang sama, kemudian saya mencari-cari refernsi bagaimaa mengatasi permasalahan tersebut. Dan dari beberapa referensi yang saya dapatkan diinternet kemudian saya praktekan, ternyata sangat berhasil. Memang tidak secepat membalikan telapak tangan, tetapi ini bisa mengurangi 15% sampai 30% waktu yang anda butuhkan. Jadi jika misal biasanya anda membutuhkan waktu untuk 100 menit untuk mengisi penuh baterai smartphone anda, dengan melakukan hal-hal berikut anda hanya butuh waktu sekitar 70 sampai 85 menit.

Bahkan cara-cara atau hal-hal yang harus anda lakukan sebenarnya sangat sederhana, akan tetapi kita tidak menyadarinya bahwa hal tersebut bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai. Untuk lebih jelasnya bagaimana dan apa saja yang harus anda lakukan agar bisa mencharger baterai smartphone menjadi lebih cepat langsung saja simak ulasanya berikut :

Cara Mengisi Baterai HP Dengan Cepat


Untuk mengisi daya baterai smartphone anda agar lebih cepat, pada dasarnya adalah dengan mengurangi pengeluaran daya itu sendiri saat dicharger dan memaksimalkan arus lustrik yang masuk kedalam baterai smartphone.

Gunakan charger dengan output yang lebih besar

Cara pertama untuk mempercepat pengisian daya baterai smartphone anda adalah dengan mengunakan charger yang memiliki output lebih besar. Contohnya handpone saya asus 4s yang memiliki charger bawaan dengan output 1.35 A, yang saya coba untuk mengunakan charger teman saya yang memiliki output 2.00 A dan hasilya memang benar, daya baterai smartphone saya terisi jauh lebih cepat jika dibandingkan saat saya mengunakan charger asli bawaan dari smartphone saya. Untuk mengetahui berapakah output dari sebuah charger, anda bisa melihat adapternnya dari sebuah charger, sebuah charger smartphone biasanya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kabel data dan adapter. Biasanya disalah satu sisi adapter  tersebut ada tulisan atau data-data, dan salah satunya adalah informasi berapakah output dari charger tersebut. Charger yang biasanya memiliki output besar adalah charger bawaan teblet, iPad dan smartphone asus seperti Zenfone 2.
Akan tetapi perlu saya sarankan bahwa jangan lakukan hal ini terlalu sering atau lakukan jika memang terpaksa saja, apabila memang waktu lama tetapi anda sangat membutuhkan daya baterai. Karena mencharger smartphone  anda dengan charger smartphone lain yang memiliki output yang lebih besar akan membuat smartphone anda lebih panas, karena memang bukan standarnya. Dan sebaiknya anda diamkan dan jangan digunakan agar smartphone tidak semakin panas.

Apabila memang tidak terpaksa sebaiknya anda mengunakan charger asli yang memang sudah standar dan dirancang khusus untuk smartphone tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai Tips Merawat Baterai Agar Tidak Bocor, bahwa salah satu efek dari mengunakan charger yang bukan standarnya adalah membuat baterai cepat bocor atau ngedrop. Dimana baterai akan cepat kehabisan daya saat digunakan kerena komponen dari baterai ada yang rusak. Untuk itu, alangkah lebih bijaknya apabila anda mengunakan cara diatas tidak terlalu sering atau saat terpaksa saja.

Selain itu masih berhubungan dengan charger, gunakanlah kabel data / USB yang berkualitas baik. Mungkin kelihatanya memang sepele dan cuma sebuah kabel, akan tetapi tidak semua kabel data itu sama, tidak semua kabel data memiliki kecepatan yang sama. Sebaiknya jangan gunakan kebal data warna warni yang anda beli ditoko dengan harga murah dan anda gunakan untuk menganti kabel data charger. Karena dari keceptanaya sudah berbeda, dan dapat menghambat kecepatan arus listrik, sehingga pengisian daya baterai akan menjadi lebih lama, bahkan bisa menjadi oenyebab dari kerusakan atau kebocoran. Untuk itu sebaiknya anda mengunakan kabel data / USB yang memang berkualitas atau gunakan saja kabel bawaan yang memang sudah standar dengan adapternya.

Matikan Smartphone Saat sedang diisi dayanya

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas pada intro, bahwa untuk mempercepat pengisian daya adalah dengan mengurangi pengeluaranya saat sedang dicharger dan memaksimalkan arus listrik yang masuk kedalamnya. Pada topik pertama tadi sudah saya jelaskan mengenai memaksimalkan arus listrik yang masuk kedalam baterai. Sekarang selajutnya yang akan saya bahas adalah mengurangi pengeluarnya saat dicharger, yaitu dengan cara mematikan smartphone saat dicas.

Dengan cara mematikan smartphone adalah cara yang terbaik, karena akan mematikan sistem yang berjalan. Sehingga baterai lebih fokus untuk menerima arus listrik tanpa harus mengeluarkanya sehingga akan lebih cepat penuh ketimbang saat sistem berjalan. Karena apabila sistem terus berjalan tentu membutuhkan arus listrik, sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk baterai terisi, karena selain diisi baterai juga dikurangi. Meskipun smartphone tidak digunakan dan hanya didiamkan, akan tetapi sistem dan beberapa aplikasi akan terus berjalan dan aplikasi tersebut akan tetap menguras daya baterai smartphone apabila tidak dimatikan.

Charger baterai smartphone


Sebagai solusi apabila anda tidak bisa mematikan smartphone anda saat dicharging karena sedang digunakan untuk chating suatu hal yang penting, maka anda bisa memanfaatkan mode pesawat. Anda bisa memanfaatkan mode ini yang dapat diubah ke mode normal dengan satu sentuh klik saja. Mode ini berfunsi untuk menghentikan smartphone dalam mencari jaringan, dimana aktivitas mencari jaringan pada smartphone adalah salah satu aktivitas yang paling memakan daya. Jadi saat akan ingin mengirim pesan, matikan mode pesawat agar smartphone bisa mengakses jaringan (internet / sinyal), setelah terkirim hidupkan kembali mode pesawatnya agar smartphone menghentikan kembali aktivitasnya. Setelah dirasa lawan chat anda sudah membalas chat anda, matikan kembali mode pesawatnya agar smartphone bisa mengakses jaringan dan pesan bisa masuk.

Kemudian apabila anda sedang berada diwilayah yang terjangkau wifi, sebaiknya gunakanlah wifi sebagai sumber jaringan anda. Karena wifi memberikan efek kerja lebih ringan pada smartphone jika dibandingkan smartphone harus mengakses jaringan dari SIM card. Kemudian sebaiknya anda matikan fitur yang tidak perlu seperti bluetooth, karena seprerti jaringan, apabila dihidupkan akan melakukan aktifitas mencari jaringan yang sama disekitarnya, dan aktivitas tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, seperti yang juga saya jelaskan di artikel sebelumnya cara menghemat baterai agar awet.

Buat baterai senyaman mungkin

Dari judulnya mungkin membuat anda bertanya-tanya, bangaimana cara membuat baterai menjadi nyaman, masudnya apa?. Yang dimaksud disini adalah membuat baterai berada didalam zona nyamannya atau di dalam peforma terbaiknya. Perlu anda ketahui bahwa baterai smartphone sebagian besar saat ini mengunakan atau tersusun atas  LI-ION (lithium-ion). Baterai yeng terbuat dari lithium ion akna bisa bekerja dengan baik ketika suhunya rendah. Jadi anda bisa memaksimalkan kinerja baterai menyerap arus saat mencharger agar semakin cepat. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memberikan ruang untuk udara bisa menerpa baterai secara langsung dnegan cara melepas casingnya. Untuk hasil yang lebih baik, mungkin anda bisa mengkipasinya dengan mengunakan kipas angin.

Jangan gunakan port USB laptop atau komputer

Jika anda ingin mengisi daya baterai smartpone anda dengan cepat, mengunakan port USB dari komputer atau laptop bukan merupakan solusi yang tepat. Karena arus listrik atau output yang dihasilkan oleh port USB masih terbillang kecil hanya sekitar 0,3 A pada port USB tipe lama dan 0,9 pada port USB tipe terbaru (v 3.0), sedangkan port USB tipe terbaru ini masih jarang ditemui. Untuk itu, mengunakan port USB untuk mengisi daya hanya akan membuat pengisian daya baterai smartphone anda smakin lambat. Untuk itu, sebaiknya anda mencari dan mengunakan charger bawaan atau charger yang memang memiliki output lebih besar seperti yang sudah saya jelaskan pada poin pertama tadi.

Cara-cara diatas memang terlihat sangat sedarhana, akan tetapi apabila anda terapkan anda pasti akan mendapatkan hasil yang anda oinginkan yaitu mengisi daya baterai smartphone anda secara lebih cepat. Akan tetapi pada poin pertama sebaknya tidak anda terapkan terlalu sering, karena itu dapat menganggu kesehatan baterai smartphone anda. Jangan karena anda ingin selalu cepat-cepat mendapatkan baterai smartphone anda yang penuh, tetapi anda mengorbankan umur baterai anda menjadi lebih pendek. Akan lebih baik jika anda mengunakan cherger bawaan yang memang standar dan dirandang kusus untuk smartphone anda, sehingga kesehatan baterai smartphone anda tetap terjaga.




Itulah ulasan menganai cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkanya, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya yang sudah fuck_ta.gaget rangkumkan. Apabila anda berkenan anda bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman anda, terimakasih.


EmoticonEmoticon