Tips Cara Agar Daya Beterai Smartphone Awet dan tidak Cepat Habis


Cara agar daya baterai smartphone awet - Jika anda mulai mengeluh karena baterai smartphone anda cepat habis (boros), maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut sebagai solusinya. Karena disini saya telah merangkumkan secara lengkap mengenai cara agar daya baterai smartphone awet sebagai solusi mujarap untuk anda. Jika anda merasa baterai anda sudah memiliki daya dengan ukuran yang cukup besar, tetapi baterai anda masih cepat habis atau boros, itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu yang paling sering menurut data adalah karena baterai smartphone yang sudah mulai bocor atau ngedrop, karena pemakaian dari penguna yang tidak sehat. Yang sudah saya bahas sebelumnya dari mulai penyebab dan hal-hal yang harus dihindari  sebagai cara merawat baterai agar tidak bocor.

Charger Baterai Smartphone

Kemudain penyebab lainya dari daya baterai yang cepat habis adalah karena jumlah aplikasi yang berjalan pada background proses (Prosesor dan RAM) membuat komponen hardware pada smartphone tersebut dipaksa bekerja dengan keras. Selain itu masih ada juga karena berbagai pengaturan atau kebiasaan penguna yang menyebabkan daya beterai tersedot dengan cepat. Solusi yang paling mudah adalah dengan membeli smartphone baru dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar, akan tetapi tentu saja akan membuat anda mengeluarkan lebih banyak uang dan pastinya harga smartphone dengan daya baterai yang besar tentunya mahal. Atau solusi lain adalah dengan membeli powerblank yang harganya juga tidak sedikit dan tentunya akan lebih repot.

Cara mengatasi baterai handpone yang boros


Menurut saya solusi yang paling tepat dan tentunya murah meriah adalah dengan menjaga kesehatan baterai, meringankan kinerja hardware, mengurangi pengaturan tidak perlu, dan menghindari kebiasaan yang bisa menyebabkan baterai cepat habis. Untuk lebih tepatnya apa saja yang harus dilakukan untuk membuat baterai smartphone anda tidak boros atau awet langsung saja simak penjelasanya secara detail berikut ini :

Hilangkan kebiasaan tidak sehat

Banyak dari para penguna smartphone yang tidak menyadari hal-hal yang sebenarnya banyak berkontribusi dalam menyerap daya baterai secara cepat. Salah satu yang paling sering adalah pengunaan bluetooth dan wi-fi. Banyak para penguna yang setelah mengunakan firut bluetooth tidak langsung dimatikan, padalah bluetooth yang berjalan akan menyerap daya baterai yang cukup besar. Dan begitu juga dengan wifi, saat fitur ini sudah tidak digunakan dan tetap aktif, maka fitur ini akan terus bekerja mencari sumber sinyal hospot yang membuat smartpone menjadi bekerja lebih. Untuk itu, sebaiknya biasakan langsung mematikan fitur tersebut setelah digunakan agar baterai anda tetap awet.

Selain itu fitur yang tidak perlu dan masih sering dihidupkan adalah GPS. Sebaiknya apabila anda berada didalam ruangan dan tidak membutuhkan akses navigasi sebaiknya anda mematikan fitur tersebut. Dan baru menghidupkanya lagi ketikan anda berada diluar ruangan atau saat membutuhkanya agar apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kita tetap bisa memanfaatkan fitur ini. Karena saat ini, apabila smartphone kita hilang atau dicuri kita bisa melacak smartphone dengan mengunakan GPS.

Kemudian kebiasaan lainya adalah mengunakan satu pengaturan kecerahan layar untuk seluruh aktifitas. Sebaiknya mulaidari sekarang sebaiknya anda mulai melakukan biasaan melakukan pengaturan kecerahan layar sesuai kebutuhan dan keadaan. Apabila anda diluar ruangan dan dalam keadaan yang terik anda boleh mengunakan layar dengan kecerahan yang tinggi, akan tetapi apabila anda berada didalam ruangan atau saat malam hari sebaiknya anda mengunakan oengaturan layar dengan kecerahan yang rendah. Dengan mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghemat daya baterai smartphone anda. Karena semakin terang layar anda maka semakin banyak juga daya yang digunakan, dan akan semakin banyak daya yang dibutuhkan apabila anda memiliki smartphone yang memiliki resolusi layar Full HD atau Quad HD, untuk itu pengaturan kecerahan layar akan sangat berpengaruh sekali untuk keawetan baterai.

Gambar Baterai Smartphone

Selain itu sebaiknya anda melakukan pengaturan agar smartphone anda SLEEP tidak terlalu lama. Sleep adalah keadaan dimana layar smartphone mati setelah digunakan tetapi sistem dan hardware tetap berjalan. Sebaiknya anda atur dengan ukuran detik, misal 5 sampai 10 detik saja. Karena semakin lama layar smartphone anda hidup ketika tidak disentuh atau tidak digunakan maka akan semakin banyak juga daya yang digunakan.

Buang aplikasi atau fitur tambahan yang tidak perlu

Hal berikutnya yang harus anda lakukna adalah membuat aplikasi dan fitur yang tidak perlu dan memberatkan kerja smartphone anda. Anda harus membuang aplikasi fitur dari pihak ketiga seperti Live Wallpaper, Tema, Emoticon, keyboard dan lainya sebagainya yang pada dasarnya aplikasi atau fitur tersebut terus berjalan dan membuat kinerja dari smartphone anda menjadi berat. Meskipun aplikasi tersebut mebuat tampilan smartphone anda menjadi lebih bagus, akan tetapi aplikasi atau firut tersebut akan banyak sekali menyedot daya baterai smartphone anda. Untuk hasil yang lebih baik, anda juga mencopot aplikasi yang memang sudah tidak digunakan atau tidak perlu. Karena semakin sedikit aplikasi yang disimpan di sartphone anda, maka semakin ringan juga hardware smartphone anda bekerja. Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, semakin ringan hardware smartphone anda bekerja, maka semakin kecil pula daya beterai yang dibutuhkan.

Hilangkan berkas atau file yang tidak perlu diruang penyimpanan

Apabila ruang penyimpanan anda penuh, terutama pada ruang penyimpanan internal, itu dapat menjadi salah satu penyebab baterai semakin boros. Karena ruang penyimpanan yang penuh akan menyebabakn hardware bekerja keras. Selain itu, file file tersebut juga dapat menjadi ancaman virus yang dpat merusak dan juga mebuat smartphone jadi berat. Untuk itu, sebaiknya anda menghapus file-file berupa foto, video, aplikasi, dan dokumen yang tidak perlu atau anda bisa memindahlanya kedalam komputer.

Gunakan aplikasi penghemat baterai

Cara yang terakhir sebagai penyempurnaan untuk meghemat baterai smartphone anda adalah dengan mengunakan aplikasi penghemat baterai. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di internat, akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut rekomended. Ada beberapa aplikasi yang memang sudah banyak digunakan dan banyak juga yang berkomentar positif antara lain Avast Battery, DU Battery Saver, dan Snapdragon BatteryGuru.8.

Menyesuaikan kebutuhan data internet

Perlu anda ketahui apabila anda mengunakan smartphone dengan akses 2G, 3G dan 4G akan berbeda daya baterai yang dibutuhkan. Semakin tinggi kecepatannya maka smartphone anda jug akan semakin keras bekerjanya untuk mendapatkan sinyal, maka akan semakin banyak juga daya yang dibutuhkan.

Kemudian ini yang biasanya dialami diwilayah-wilayah tertentu di indonesia, yaitu wilayah yang belum terdapat akses jaringan. Jika anda beradsa diwilayah yang belum terjangkaujaringan maka sebaiknya anda mengaktifkan fitur (PLAN) atau agar jaringan di smartphone anda mati. Karena apabila jaringan di smartphone and aterus hidup akan menguras baterai dengan cepat karena smartphone akan bekerja dengan keras mencari sinyal.

Baterai Smartphone

Sebenarnya cara-cara diatas pada dasarnya adalah mengurangi kinarja dari smartphone (hardware) agar lebih ringan. Sehingga smartphone terasa lebih lancar mengolah data dan menjalankan fitur dan aplikasi-aplikasi yang ada. Dengan semakin ringanya smartphone tersebut bekerja, maka semakin sedkit pula daya yang dibutuhkan sehingga daya baterai akan semakin awet dan tahan lama. Ini belaku bukan hanya pada baterai yang sudah mulai bocor, akan tetapi juga berlaku untuk baterai yang masih normal. Karena walaupun belum bocor, tetapi smartphone berat atau bekerja sangat keras maka baterai juga akan semakin cepat habis. Untuk itu, kakukan hal-hal diatas agar anda tetap bisa mengunakan smartphone dengan daya baterai yanag bertahan lama.

Cara Mengatasi BBM Smartphone Android Yang Lemot

Review Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy Note 7


Itu saja ulasan mengenai cara agar daya baterai smartphone awet yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa menjadi manfaat bagi yang membacanya, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya. Atau jika anda  berkenan bisa membagikan artikel ini kepada teman teman anda, terimakasih.


EmoticonEmoticon