Cara Mengatasi Overheating Atau Panas Pada HP Android


Cara mengatasi overheating -  Salah satu masalah yang sering muncul pada smartphone adalah overheating. Overheating adalah kondisi dimana sebuh smartphone memiliki suhu panas yang berlebih atau diatas wajar sehingga dapat menyeabkan kerusakan. Overheating dapat disebabkan oleh banyak hal, dari pemakaian yang tidak sehat, hardware, software atau karena pihak ketinga. Banyak orang yang merasa bahwa hal tersebut adalah wajar, akan tetapi pada kenyatanya itu adalah salah besar. Hal ini bisa menjadi berbahaya bagi sebuah smartphone, dalam keadaan suhu tertentu (terlalu panas) smartphone bisa tiba-tiba mati. Karena bila masalah ini terus menerus terjadi dan didiamkan maka bisa saja menyebabkan kerusakan pada hareware, sehingga anda harus mengerti cara mengatasi overheating agar smartphone anda bisa kembali normal dan bisa terhindar dari ancakam kerusakan hardware.

Handpone cepat panas

Bahkan saya pernah beberapa mengalami sendiri bagaimana rasanya overheating tersebut, dimana handpone saya tiba-tiba mati karena terlalu panas karena sedang saya charger kemudian saya gunakan untuk bermain game coc, meskipun tidak sampai ada kerusakan haredare. Karena saya takut apabila smartphone saya sampai rusak, kemudian saya mencari-cari bagaimana cara mengatasinya dan kemudian mencegahnya.

Tips mengatasi smartphone overhead atau terlalu panas


Disini saya akan berbagi pengalaman saya mengatasi oveheating agar anda juga bisa mempraktekanya sehingga smartphone bisa terhindar dari ancaman kerusakan. Perlu anda ketahui bahwa banyak kasus overheat ini 80% disebabkan oleh pengunaan smartphone yang tidak berhati-hati dahkan mengunakan smartphonesecara belebihan dan tidak wajar.

Copot aplikasi yang tidak perlu dan menghabiskan spece RAM

Penyebab dari smartphone yang panas salah satunya adalah karena komponen hardware yang bekerja dengan sangat keras sehingga sehingga menyebabkan hardware tersebut menjadi panas. Dan yang menyebabkan hardware bekerja dengan keras salah satunya adalah karena terlalu banyak aplikasi yang tersimpan dan berjalan di RAM. RAM yang penuh akan dipaksa untuk bekerja dnegan keras yang menyebabkan RAM menjadi panas dan mempengaruhi hardware disekitarnya. Saat RAM penuh dengan data yang akan diproses, tentu saja hardware pemroses data juga akan bekerja dengan keras karena terlalu banyak menerima data dari RAM. Seperti yang sudah saya jelaskan banyak dari penyebab dari permasalahan ini adalah karena faktor manusianya sendiri yang tidak memperhatikan kesehatan dari smartphonenya. Banyak orang yang dengan seenaknya menginstal aplikasi terlalu banyak menskipun itu tidak perlu, sehingga menyebabkan hardware terutama RAM menjadi bekerja dengan keras.

jadi jika anda anda hanya memiliki RAM dengan ukuran yng cukup kecil, sebaiknya anda mencopot aplikasi yang tidak begitu anda butuhkan untuk mempermudah kinerja RAM. Karena hampir semua aplikasi menyerap space RAM meskipun tidak secara langsung anda operasikan, karena aplikasi tersbut tetap berjalan dibelakang layar. Untuk itu, sebaiknya anda segera mencopoti aplikasi yang dirasa tidak perlu atau aplikasi yang sebenarnya sudah disediakan oleh smartphone anda, dan menyisakan aplikasi yang memang benar-benar anda butuhkan. Selain itu, dengan mencopoti aplikasi yang tidak diperlukan akan membuat ruang penyimpanan anda semakin longar yang akan menjadikan smartphone anda menjadi ringan.

Sebaiknya anda juga memilih-milih aplikasi yang akan anda instal. Karena sebagian besar orang langsung saja menginstal apliasi tanpa berfikir apakah aplikasi tersebut berukuran besar atai kecil, memberatkan RAM atau tidak. Sehingga akibatnya saat menjalankan aplikasi tersebut membuat RAM dan hardware pengolah data menjadi berekja dengan keras dan akhirnya mengeluarkan panas yang berlebih. Untuk itu, sebaiknya anda lihat terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut berat atai tidak. Dan apabila aplikasi tersebut tidak benar-benar sangat diperlukan sebaiknya anda urungkan untuk menginstalnya.

Gunakan aplikasi dengan bijak

Kemudian saat anda mengunakan aplikasi yang berat seperti pengolah video atau game sebaiknya anda mengunakan batas waktu. Aplikasi dan game yang berat apabila dijalankan dalam waktu yang cukup lama akan memyebabkan hardware menjadi bekerja keras dan menyebabkan overhead. Untuk itu sebaiknya anda mempunyai batasan-batasan waktu untuk mengunakan aplikasi yang berat atau saat bermain game. Dan yang paling penting seperti pengalaman saya, jangan gunakan untuk bermain game saat smartphone anda sedang dicharger. Karena itu akan membuat smartphone anda dua kali lipat lebih panas daripada saat tidak sedang dicharger. Jadi sebaiknya anda tetap membiarkanya atau tidak mengunakanya apabila sedang dicas, karena hal tersebut juga akan menjadi salah satu cara mempercepat pengisian baterai sartphone.


Smartphone panas


Kemudian anda juga jangan membuka aplikasi terlalu banyak, karena semakin banyak aplikasi yang anda buka maka akan semakin banyak data yang disimpan diram dan semakin banyak pula data yang harus diproses oleh prosesor, akibatnya kerja RAM dan Prosesor menjadi berat dan mengakibatkan keduanya menjadi panas yang berlebihan yang menjadi pepenyebab overhead. Sebaiknya anda segera membersihkan atau mengeluarkan aplikasi yang sudah tidak digunakan dari jendela atau layar smartphone anda.

Gunakan charger bawaan atau asli

Selain tidak digunakan saat smartphone anda sedang dicgarging, anda juga sebaiknya mengunakan charger asli untuk mencharging smartphone anda. Charger asli bawan dari smartphone anda tentu saja dirancang khusus untuk smartphone itu sendiri yang pasti lebih pas untuk ketahanan baterai dan hardware dari smartphone itu. Mengunakan charger lain yang memiliki output lebih besar agar bisa mengisi daya lebih cepat memang diperbolehkan, akan tetapi tidak boleh terlalu sering atau dipraktekan apabila sedang benar-benar dibutuhkan saja. Karena mengunakan charger lain yang memiliki output yang lebih besar dapat menyebabkan smartphone lebih panas karena mengunakan charger yang bukan standarnya. Jadi alangkah lebih baik jika anda mengunakan harger bahwwn atau asli untuk menjaga smartphone anda agar terhindar dari overhating dan baterai anda tetap awet terhindar dari baterai bocor.

Lakukan pembersihan secara berkala

Banyak dari para penguna smartphone yang sering mengabaikan kebersihan smartphone dari debu-debu dan kotoran lainya. Prelu diketahui, bahwa ini juga menjadi salah satu penyebab dari overheating. Ini terjadi karena kotoran akan menyumbat lubang atau pori pada body smartphone yang mengakibatkan udara atau hawa panas tidak bisa keluar dengan bebas dari dalam smartphone. Yang pada konsisi normalnya adalah udara panas bisa dengan lancar keluar dan udara dingin masuk, karena terhalang oleh debu dan kotoran udara tidak bisa bertukar dan akibatnya udara penas akan bertumpuk didalam smartphone dan menjadikan overhaeting atau panas berlebih pada smartphone. Untuk itu, sebaiknya anda menjadwalkan pembersihan smartphone anda dari debu dan kotoran secara berkala dan rutin. Anda bisa membershkannya sendiri dengan mencopot cassing bagian belakang dan membersihkanya dengan kapas. Untuk hasil yang lebih baik saya sarankan untuk melakukan perawatan pada tempat atau orang yang menyediakan jasa perawatan handpone (orang yang lebih ahli).

Gunakan SIM card atau jaringan yang paling stabil dilingkungan anda

Salah satu yang menjadikan smartphone mempunyai suhu yang sangat tinggi adalah karena smartphone bekerja dengan keras. Dan salah satu yang menyumbang atau menjadikan hardware dari smartphone bekerja keras adalah untuk mencari akses jaringan. Semakin mudah smartphone mendapatkan akses jaringan maka akan semakin mudah kerjanya, sebaliknya semakin sulit smartphone mendapatkan akses jaringan maka akan semakin bertambah berat juga bekerjanya. Sayangnya tidak semua  wilayah di indonesia ini sudah terjangkau jaringan atau mudah mendapatkan akses jaringan. Banyak wilayah di indonesia ini yang masih sulit untuk mendapatkan akses jaringan dari mulai 4G, 3G bahkan 2G, akibatnya smartphone harus bekerja berat untuk mendapatkan akses jaringan. Untuk itu, sebagai solusi dari permasalahan ini adalah anda harus mengunakan provoder jaringan yang memang akses jaringannya stabil sehingga bisa mengurangi kinerja dari smartphone anda.

Hati-hati virus

Sudah banyak dibahas tadi bahwa penyebab overhead salah satunya adalah keran hardware yang berkerja terlalu keras. Dan perlu anda ketahui, bahwa adanya virus yang terdapat pada smartphone kita juga dapat memicu atau menyebabkan smartphone kita bekerja keras karena virus memaksa hardware mengolah data di belakang layar. Untuk itu, sebaiknya anda harus hati-hati dan menjaga smartphone anda agar tidak terkena virus.

Seperti yang sudah saya bilang, bahwa penyebab dari overhead kebanyakan karena disebabkanoleh faktor pengunanya sendiri. Jadi anda sebagai penguna harus bisa mengunakan smartphone anda secara sehat dan menghindari hal-hal yang membuat smartphone anda harus bekerja keras dan menimbulkan panas yang berlebih.


Mungkin itu ulasan mengenai cara mengatasi overheating yang dapat saya sampaikan, senmoga bisa menjadi manfaat bagi anda yang membacanya. Dan jangan lupa untuk membaca artikel manarik lainya, dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikanya kepada teman-teman anda dimedia sosial, terimakasih.


EmoticonEmoticon